Sekilas

Kerincinfo.FMPDK kerinci digelar 20 s/d 23 agustus 2016 .Kerinci Jalan Kerinci hilir masih berlubang.Pemekaran Kerinci hilir terus berkembang.Pemadam listrik kerinci terus menuai kecaman.

Kamis, 08 November 2012

Depati Parbo diusulkan

Seminar kejuangan Depati parbo digelar di aula Pemda Kerinci,Kamis(8/11)dibuka secara resmi Bupati Kerinci.Hadir nara sumber prof.dr.M.Dien Majid.Iskandar Zakaria.Dalam kupasan makalahnya,liku-liku perjuangan Depati parbo menghadapi kolonialisme Belanda.
Kegiatan Seminar ini dengan tema: Dengan semangat kejuanganDepati parbo kita telusuri  jejak perjungan Depati Parbo uuntuk diangkat sebagai pahlawan Nasional.Kegiatan ini kerjasama denganDisporaprabud Kerinci.

Dalam paparanya,Depati Parbo adalah sosok yang kini dikenang  lewat sejarah lisan,dan diabadikan lewat catatan belanda.tidak hanya disegani tapi juga ditakuti belanda,karena tidak mau takluk dengan kompeni."Sudah selayaknyaDepati parbo diangkat sebagai pahlawan nasional"imbuhnya.

Iskandar Zakaria dalam makalahnya menyebutkan,Pengusulan Depati Parbo untuk diangkat sebagai pahlawan nasionaltelah diusulkan dalam beberapa kali. terlihat ditahun 1972 pada 11 november.Resolusinya ditanda tangani oleh ketua danwakil ketua DPRD Kerinci,yakni By:Buyung Kapas dan Sutan Kari.Ba.USulan tersebut ditangapi gubernur dengan no suratsecr.6890/1972,tanggal 22 november 1972,dan Gubernur menindak lanjuti dan mengusulkan kepada menteri sosial untukmengangkat Depati parbo sebagai pahlawan nasional.

Menariknya,Dalam gelar diskusi seminar ini,Salah seorang peserta dari Pulau Tengah,Rusdi menyajikan kritikan yangmenyebutkan,bahwa,kenapa hanya Depati parbo yang ditonjolkan.kerana Pulau tengah perang yang"heroik" dan memilikipahlawan,kok tidak mendapat perhatian."Perang pulau Tengah amat dahsyat dalam lembaran sejarah Kerinci.Kenapa tidak mendapat perhatian"imbuhnya. (Jon Hendri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar